Labor Departemen IAI Luncurkan Program Friday Lecture Series: Kiat Sukses Menembus Beasiswa LPDP

l1

 

Air Tawar, Jum’at, 26 Januari 2024. Labor Departemen Ilmu Agama Islam meluncurkan salah satu program unggulannya, yaitu Friday Lecture Series. Program ini bertujuan untuk menunjang, melatih dan meningkatkan soft skill mahasiswa Ilmu Agama Islam sehingga mampu dan punya daya saing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Program ini akan diadakan secara berkelanjutan.

Rengga Satria, MA.Pd selaku Kepala Labor Departemen IAI membuka acara ini, dalam laporannya mengatakan bahwa pada series pertama ini, Friday Lecture Series diadakan dengan Tema “Kiat Sukses Menembus beasiswa LPDP”. Kegiatan ini diikuti lebih dari 30 mahasiswa terutama bagi mereka yang sedang tahap kelulusan (wisuda) dan beberapa alumni Departemen Ilmu Agama Islam.

Pada kesempatan itu dihadirkan pembicara yang sudah berpengalaman dan pernah meraih Awardee LPDP 2019 yaitu Ahadul Putra, M.Si (sekarang menjadi dosen Departemen KIMIA FMIPA UNP).  Sedangkan Moderatornya adalah Dr. Halomoan, M.Pd yang juga pernah meraih Awardee LPDP 2018 (sekarang menjadi Dosen Departemen Ilmu Agama Islam).

 

l2

 

Dalam kegiatan ini pemateri dan juga moderator memaparkan bagaimana kiat-kiat lulus beasiswa LPDP yaitu:

  1. Siapkan semua berkas dengan baik dan teliti karena Pihak LPDP akan menilai semua berkas dan isian yg anda kumpulkan dengan cermat.
  2. Pastikan anda memiliki sertifikat TOEFL yang diakui oleh LPDP. Jangan sekali-kali berniat memberikan sertifikat palsu/ bodong karena anda akan langsung diblacklist oleh LPDP.
  3. Persiapkan essay diri dan proposal penelitian tesis /disertasi bagi calon awardee S3. Sesuaikan essay dan proposal penelitian dengan template yang sudah ditetapkan oleh LPDP.
  4. Dalam menulis essay, usahakan dapat mendeskripsikan diri anda dengan baik. Coba angkat sebuah permasalahan dan berikan solusi yang sesuai dengan background anda.
  5. Salah satu misi LPDP adalah untuk mencetak pemimpin/leader masa depan. So, anda harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
  6. Gali potensi diri yang dapat meyakinkan interviewer bahwa anda layak mendapatkan beasiswa LPDP.
  7. Cari awardee LPDP yang dapat memberikan informasi tambahan ataupun dalam bentuk coaching bagi anda sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa LPDP lebih besar.

Dr. Alfuqan (kepala Dep. IAI) mendukung penuh kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan Friday Lecture Series “Kiat Sukses Menembus beasiswa LPDP” ini merupakan respon dari banyaknya minat mahasiswa dan alummi Dep. IAI yang ingin melanjutkan S2 baik dalam maupun luar negeri, untuk tahun ini saja sudah ada alumni yang mendaftar ikut S2 baik di PT dalam negeri maupun di luar negeri. Di dalam negeri misalnya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta UIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Imam Bonjol Padang, UPI Bandung. Sedangkan di PT Luar negeri seperti : King Saud University Riyadh, King Abdulaziz University Jeddah di Saudi Arabia dan salah satu Universitas di Qatar yaitu Universitas Hamad Bin Khalifah (HBKU) Qatar.

 

l3

 

Alfurqan berharap dengan adanya kegiatan ini kita dari Dep. IAI bisa memfasilitasi dan mendorong mereka (alumni) untuk terus melanjukan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi, dan bagi mereka yang terkendala dengan biaya maka dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi solusi. Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut, jika perlu ada semacam kelas khusus bagi mereka yang berminat.

Sementara itu para peserta nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Kami sangat senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini. “sejak semula kami punya keinginan untuk melanjutkan studi ke-S2 bahkan terus berlanjut ke S3, tetapi terhambat oleh biaya, untuk menyelesaikan S1 ini saja kami sering terkendala, namun dengan adanya paparan dan motivasi dari para pemateri tadi, tampaknya kami punya harapan dan bisa meraih mimpi ini, terima kasih telah mengadakan acara ini, kami yakin kami bisa,” Ungkap salah satu peserta. ES.79

 

Editor: Rido Putra

ALAMAT

Gedung Dekanat FIS UNP Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat

Monday - Friday:08:00 - 16:00